Menggunakan Stamp Roll untuk Dinding Seperti Wallpaper

Dinding yang bermotif memang memiliki daya tarik tersendiri. Namun, harga wallpaper yang tidak murah atau penggunaan stensil yang kurang praktis sering menjadi kendala untuk memiliki dinding dengan motif. Sebenarnya selain wallpaper dan stensil Anda bisa menggunakan roller bermotif. Roller yang biasa Anda gunakan untuk mengecat itu saat ini sudah ada yang bermotif sehingga Anda tinggal melakukan pengecatan seperti biasa dan hasilnya seperti wallpaper selain itu disediakan berbagai jenis motif hingga motif yang bisa anda pesan sendiri. Roller tersebut memiliki beberapa jenis yang bisa Anda pilih untuk digunakan. Berikut berikut 3 jenis patterned paint roller atau stamp roll yang bisa menghasilkan dinding dengan motif.

1. Roller motif tunggal

 

eb00cb92294d486dda732068d3ec6dac.jpg

Caranya hampir sama dengan menggunakan roller cat biasa. Siapkan cat yang sudah diencerkan. Tuangkan sedikit pada baki. Aplikasikan cat pada roller secara tipis, namun merata. Lalu sapukan ke dinding. Kelemahan menggunakan roller motif tunggal ini adalah Anda harus bolak-balik menyapukan cat dan menghafal di mana titik motif terakhir. Jika tidak terampil, besar kemungkinan motif akan berantakan dan tidak presisi.

 

b19f1cb15660add07aa4cc06af1298ce.jpg

 

2. Roller motif 2 pin

e578d7489934aef5601746a683377c1b.jpg

 

Hampir sama dengan motif roller tunggal, tapi di sini ada 2 roll pin yang digunakan. Roll pin pertama adalah tempat menempelkan cat dan menyimpan cadangan cat, yang kedua adalah untuk mengaplikasikan motif pada dinding. Meski lebih praktis dan aman, tetap ada resiko hasil berantakan dan harus bolak-balik untuk membubuhkan cat.

08022018.jpg

 

3. Roller motif 3 pin

b39f018db47321aae50a2792e025b28e.jpg

Roller motif tipe ini komponennya lebih kompleks. Ada baki untuk menyimpan cat, 2 roll pin untuk mengambil cat dari baki, 1 roll pin untuk menyalurkan cat, dan 1 roll pin untuk mengaplikasikan motif ke dinding. Sebenarnya, ada 1 lagi tambahan roll pin, yaitu yang berukuran kecil dan terletak di belakang roll pin ke dua. Roll ini fungsinya untuk mengurangi kelebihan cat pada roll kedua, sehingga motif yang dihasilkan lebih rapi. Dengan adanya baki cat, Anda juga tidak perlu khawatir cat akan habis ditengah-tengah pengecatan. Baki terdiri atas 2 bagian, sehingga bisa digunakan untuk 2 warna sekaligus. Untuk menggunakannya, Anda harus melepaskan semua roll pin terlebih dahulu. Lalu masukkan cat yang telah diencerkan ke dalam baki cat, baru kemudian pasang kembali semua roll pin-nya.

 

Ada lagi yang perlu diperhatikan?

  • Sebelum diberi motif, dinding terlebih dahulu harus sudah dicat dengan cat tembok. Pilih warna yang bisa serasi dengan warna motifnya nanti.
  • Perhatikan kemiringan roller dan tekanan saat Anda menggunakan alat ini. Sudut yang baik adalah sekitar 45°. Berikan tekanan yang pas, tidak terlalu ringan maupun terlalu ditekan. Terlalu menekan roller akan membuat lapisan cat terlalu tebal dan berantakan.
  • Pastikan Anda mengecat dengan motif yang bersambungan atau presisi. Roller motif sudah dirancang dengan motif yang saling menyambung antara sisi kanan dan kiri, tetapi motif ini bisa tidak presisi karena kurang naik atau kurang ke bawah. Pastikan Anda hafal di titik mana Anda memulai motif. Putar roll untuk mendapatkan sisi yang sama dengan sebelumnya.
  • Kekurangan roller motif ini adalah sulit digunakan untuk tempat yang tinggi, karena keterbatasan jangkauan tangan dan tinggi badan Anda sendiri. Untuk mengecat dinding yang tinggi, Anda harus tahu di bagian mana motif akan disambung.
  • Pilih yang diameternya ukuran sedang, tidak panjang maupun pendek. Terlalu panjang akan sukar.
  • Ada banyak motif roller ini, tanpa Anda perlu membeli banyak alat. Beli saja roller pin-nya, yang bisa digonta-ganti sesuka hati.

Berapa harga dan di mana membelinya?

Harga roll motif beragam, sesuai merk dan bahannya. Kisaran harga ini mulai dari sekitar Rp 180.000 untuk roller motif tunggal dan pasti lebih mahal untuk dua jenis lainnya. Sebagian roller motif ada yang diproduksi oleh produsen roller cat ternama, dari dalam maupun luar negeri. Tetapi ada juga yang dibuat oleh industri rumahan.

Anda bisa membeli roller motif ini di gerai-gerai bahan bangunan dan alat konstruksi. Roller motif juga bisa ditemukan di toko-toko online maupun situs pusat jual-beli di Indonesia. Pilih mana yang pas dengan kantong dan kebutuhan Anda.

 

 

Sumber artikel: rooang.com | Sumber gambar: pinterest.com

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s