Pentingnya Memasang Cooker Hood di Dapur Rumah

Cooker hood di Indonesia sering disebut juga dengan kipas penghisap, cerobong asap dapur. Sedangkan di Barat sering disebut dengan range hood, kitchen hood, exhaust hood dan ventilationCooker hood merupakan peralatan dapur yang memililki manfaat tinggi. Fungsinya untuk mengeluarkan panas dan kotor ketika proses memasak menjaga agara udara di dalam dapur tidak panas dan pengap.

Ada dua jenis cooker hood dengan cara kerja yang berbeda yaitu tanpa cerobong (atau sering disebut recycle) dan dengan cerobong (atau sering disebut ventilasi). Cara kerjanyapun berbeda, cooker hood dengan cerobong menghisap udara di dalam dapur dan mengeluarkanya ke suatu tempat, sedangkan cooker hood tanpa cerobong menghisap udara kotor kemudian diproses dan dikembalikan lagi ke dapur ketika sudah bersih. Bagi Anda yang tidak mempunyai banyak jendela atau cukup ventilasi maka cooker hood atau exhaust hood ini sangat diperlukan, terlebih lagi jika dapur Anda bercampur dengan ruang lain atau dapur Anda berukuran mungil.

Bagi yang telah menggunakan alat ini, maka pasti telah mengetahui secara bentul manfaatnya, berikut ini beberapa kegunaan dari cooker hood:

1. Menjaga kualitas udara di dapur 

Ketika melakukan aktivitas memasak, udara di dapur akan menjadi panas. Bisa dari uap masakan atau dari penggorengan, udarapun menjadi kotor dan pengap. Jika terhirup secara terus menerus tentu tidak baik bagi kesehatan. Bahkan panas yang tercipta akan membuat gerah dan ketika gerah bisa memunculkan mood yang kurang bagus. Dengan adanya cooker hood, udara kotor akan disedot keluar dan digantikan dengan udara baru, kegiatan masak memasak menjadi menyenangkan.

2. Mengurangi Panas

Kompor yang menyala dan berbagai aktivitas memasak yang panjang, begitu mudah membuat dapur terasa panas sehingga menyebabkan gerah serta berkeringat. Maka dengan pemasangan cooker hood di atas kompor yang bisa secara langsung menyerap uap panas tersebut, membuat rasa dan suasana panas di dalam dapur menjadi lebih berkurang. Sehingga dengan demikian, suasana dapur pun menjadi lebih baik. Kegiatan memasak pun menjadi lebih menyenangkan. Selaim itu dingin yang dihasilkan dari AC akan lebig terasa karena sebelumnya panas sudah dihisap keluar terlebih dahulu. Kerja AC pun diperingan oleh cooker hood tersebut.

3. Mempercantik Dapur

Banyaknya peminat cooker hood, membuat desain, model dan jenis yang tersedia pun semakin banyak dan bervariasi. Sehingga dengan banyaknya ragam dan variasi tersebut dapat mempermudah Sobat Rooang memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan tema interior dapur. Dengan pemilihan model dan desain yang tepat, dapur pun menjadi lebih cantik lho. Nantinya kehadiran cooker hood tersebut juga dapat meningkatkan nilai jual jika suatu saat kita ingin menjual rumah tersebut.

Nah, sebelum melakukan pemasangan cooker hood Anda juga perlu memastikan jika ukuran cooker hood tidak lebih kecil dari ukuran kompor agar dapat menyerap panas dengan maksimal.  Kemudian, pastikan dinding dan plafon dalam kondisi yang bagus, selain itu jarak antara kompor dan cooker hood juga perlu diperhatikan. Yaitu antara 60-90 cm untuk kompor gas. Setelah dipasang jangan lupa untuk merawat kebersihan cooker hood agar tidak tersumbat oleh endapan udara kotor yang dihisap.

 

Sumber atikel : rooang.com, dapurmodern.org, majalahasri.comdapurideal.com, wartakota.tribunnews.com

Sumber gambar: pinterest.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s