Tips Loteng Rapi dan Indah

Loteng sering dianggap sebagai tempat untuk meletakkan apa saja yang sudah tidak terpakai, buku, mainan, barang kenangan yang fungsinya menjadi seperti gudang. Bahkan tidak jarang yang tidak mengapresiasi keberadaan loteng dan membiarkan ruang tersebut begitu saja. Padahal loteng bisa digunakan lebih dari hal tersebut. Loteng bisa menjadi tempat penyimpanan yang rapi, kamar tidur, atau perpustakaan pribadi.

Agar loteng rumah Anda lebih rapi dan terorganisir, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

 

1. Pastikan kebersihannya

Luangkan waktu beberapa saat untuk membersihkan loteng sebelum Anda memutukan untuk mengaturnya. Bersihkan debu dan kotoran hingga benar-benar bersih. Sedot debu-debu yang mengganggu hidung dan pel lantai agar lebih cerah. Tunggulah beberapa saat, loteng yang bersih akan memberikan Anda inspirasi.

2.  Ketahui berapa tinggi loteng

Perhatikanlah tinggi loteng Anda pada tiap bagianya. Jangan hanya menumpuk kardus, pertimbangkan untuk mendapatkan rak penyimpanan untuk memaksimalkan ruang. Sebelum membeli rak, pastikan terlebih dahulu tinggi pintu loteng dan tinggi loteng agar tidak ada kendala setelah membelinya.

3. Rak Khusus

Alternatif penyimpanan lainya adalah menyimpan barang-barang Anda pada area dengan ketinggian yang paling rendah dari loteng Anda (ke arah tepi loteng di mana atap memenuhi lantai loteng, jika atap Anda berbentuk selain datar. Anda dapat menata rak dasar untuk memaksimalkan penggunaan ruang yang tidak dapat digunakan tersebut. Ada juga beberapa perusahaan yang membuat rak khusu loteng yang dapat Anda beli. Anda juga bisa memesan rak custom yang bisa diatur menyesuaikan ukuran loteng Anda.

4. Lantai Tambahan

Lantai pada loteng Anda mungkin tidak penuh satu ruangan, terdapat beberapa bagian yang tidak berlantai. Anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan beberapa potongan kayu lapis ke loteng Anda untuk meningkatkan luas lantai dan ruang penyimpanan yang dapat digunakan.

5. Pencahayaan 

Pencahayaan sangat penting karena dengan cahaya yang terang akan menekan pertumbuhan jamur (jika loteng dalam kondisi lembab dan berpotensi tumbuh jamur) dan yang terpenting jika loteng terang maka kesan menyeramkan akan berkurang sehingga Anda tidak perlu bingung mencari barang ketika malam. Barang juga lebih mudah ditemukan, selain itu juga menjauhkan dari kerusakan yang disebabkan oleh tikus karena tikus lebih menyukai tempat yang gelap dan kotor. Jadi, jangan ragu untuk memasang lampu yang terang atau menambahkan lampu baterai.

6. Sesuaikan wadah penyimpanan yang tepat

Kardus dan barang-barang di dalamnya dapat rusak oleh kelembaban, serangga, atau hama dan dapat dihancurkan oleh tumpukan kotak lain. Dibandingkan menggunakan kardus, berinvestasi menggunakan wadah plastik lebih cocok dan awet karena sifatnya yang lebih  tahan dengan udara yang lembab. Anda juga bisa menggunakan box plastik dengan warna berbeda untuk item yang berbeda (merah untuk koleksi buku, hijau untuk perlengkapan dekorasi rumah, kuning untuk peralatan dapur). Simpan wadah penyimpanan Anda dengan barang-barang serupa yang dikelompokkan bersama, bukan di berbagai lokasi di seluruh loteng Anda.

 

7. Beri tanda dengan menempelkan label

Agar lebih mudah ketika mencari barang yang Anda cari, berikan tanda dengan menempelkan label pada tiap box. Beri label pada permukaan yang paling terlihat, yang bisa menjadi bagian atas atau sisi wadah Anda (atau mungkin keduanya). Anda mungkin mempunyai 5 wadah kotak plastik berisi buku (novel, buku resep, dll), jadi pstikan untuk memberi label pada setiap kotak plastik. Beri label pada permukaan yang paling terlihat, yang bisa menjadi bagian atas atau sisi wadah Anda (atau mungkin keduanya). Pilihan lain adalah melabeli setiap kotak dengan huruf atau angka dan memiliki spreadsheet terdekat yang menunjukkan apa yang terkandung dalam setiap kotak.

8. Perawatan

Setelah loteng tertata rapi, jangan lupa untuk merawatnya. Yaitu dengan cara membersihkanya beberapa periode sekali. Anda harus memeriksa barang-barang di loteng dan memisahkan barang yang tidak lagi diperlukan. Mainan anak atau baju anak dapat disumbangkan atau diberikan kepada sanak saudara. Buku-buku tua yang sudah selesai di baca bisa disumbangkan di perpustakaan terdekat.

9. Jangan menyimpan barang berikut di loteng

Ada barang-barang tertentu yang tidak boleh disimpan di loteng. Barang-barang tersebut termasuk apa saja yang mungkin meleleh (seperti lilin), apa pun yang membutuhkan sirkulasi udara yang tepat, apa pun yang perlu dikontrol oleh iklim (seperti makanan), barang-barang yang mudah terbakar (seperti cat atau gas), dan apa pun yang benar-benar Anda pedulikan (seperti foto keluarga atau pakaian pusaka).

 

 

Sumber artikel: http://interiordesigninfo.com

Sumber gambar: http://pinterest.com

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s