Material untuk Rumah Tingkat

Padatnya rumah dan minimnya lahan untuk mengembangkan rumah secara horizontal menjadi hal yang dialami masyarakat perkotaan. Padahal seiring berjalanya waktu, kebutuhan ruang tentu semakin meningkat. Alternatif  untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah mengembangkanya secara vertikal atau dengan cara meningkat rumah. Sebelum memutuskan untuk meningkat rumah ada baiknya Anda memperhatikan struktur, saluran listrik, pemipaan di lantai satu dan jangan lupa memperhatikan material untuk rumah tingkat. Apa saja material yang tepat digunakan untuk rumah tingkat? Simak uraian di bawah ini.

Dak Konvensional Sebagai Material Untuk Rumah Tingkat

Dak atau beton konvensional merupakan salah satu material untuk membuat rumah tingkat yang sudah banyak digunakan sejak lama. Dibuat dari cor-coran beton, dak atau beton konvensional membutuhkan waktu yang sangat lama hingga benar-benar kering sempurna. Meski memerlukan waktu yang cukup lama untuk proses pengerasan betonnya dan agar merepotkan, namun jenis beton konvensional masih disukai dan dijadikan pilihan oleh banyak orang karena hasilnya yang kuat dan tahan lama.

21666727dc62482214bcf68756bb803a.jpg

Untuk membuat dak atau beton konvensional ini semakin kuat, diperlukan adanya kayu penopang atau rangka besi dari lantai bawahnya. Biaya pembuatannya pun relatif lebih mahal karena membutuhkan bahan yang cukup banyak. Namun, untuk membuat hunian atau rumah tingkat yang tampak sempurna dan kuat, jenis beton konvensional akan tampak menyatu dengan sempurna pada seluruh bangunan rumah.

Keramik Beton

Untuk jenis material rumah tingkat yang memiliki kesan ringan dan lebih praktis dibanding dak konvensional, Anda dapat memilih keramik beton sebagai pilihan. Pasalnya kekuatan keramik beton sebagai material rumah tingkat juga tahan lama dan tak kalah kuat jika dibandingkan dengan dak konvensional. Kelebihan lain dari jenis material keramik beton adalah harganya yang relatif lebih terjangkau dibanding dak konvensional.

7999acfd37f58fff05e5eaf0889d49c6.jpg

Meski begitu dibanding dak konvensional yang mudah diperoleh, keramik beton belum banyak tersedia dipasaran. Sehingga tak heran jika tidak banyak tukang yang juga mahir dalam menggunakan keramik beton.

Pelat Baja (Metal)

Bersifat praktis, dak pelat bata atau metal merupakan salah satu altenatif pilihan yang dapat digunakan sebagai material rumah tingkat. Belakangan jenis dak pelat baja atau metal ini banyak diaplikasikan pada rumah bergaya modern karena dianggap memiliki kualitas yang bagus, pemasangan yang mudah dan praktis.

ef3f96e51dcb908e567d037f7ea5ebea.jpg

Terlebih karena pelat baja yang berfungsi sebagai floor decking ini memiliki bentuk bergelombang dan tonjolan (embossment) yang berfungsi untuk mencegah beton bergeser dan retak. Jika ingin mengaplikasikan pelat baja atau metal sebagai material untuk rumah tingkat, ada baiknya ketebalan pelat metal yang akan digunakan disesuaikan dengan besar bentangan lantai.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s