Tips Memasang Skylight yang Indah

Bentuk dan gaya atap rumah sangat beragam jenisnya. Salah satu atap rumah yang cukup unik adalah atap rumah skylight. Walaupun penggunaanya hanya pada beberapa sisi atap saja, skylight mampu mengubah keadaan ruangan secara signifikan. Penggunaan skylight membuat ruangan lebih sehat dan lebih terang karena mendapat sinar matahari langsung, jadi bisa menghemat penggunaan listrik untuk penggunaan lampu pada siang hari. Sebetulnya skylight bukanlah hal baru di dalam arsitektur karena bangunan-bangunan tradisional maupun kuno sudah lebih dahulu menerapkannya. Dari sudut pandang desain, hal ini dapat menciptakan ruang seolah nampak lebih besar dari sebelumnya. Sebelum Anda hendak menggunakan skylight, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelumnya.

fa4ec4e745cf1fbb4f9c508a0a4f0707.jpg
Contoh skylight berbentuk kubah, suasana kebun akan semakin terasa dengan menambahkan beberapa tanaman tropis pada ruang.

Salah satu hal yang perlu menjadi pertimbangan adalah posisi pemasangan skylight, sebab skylight tidak bisa dipasang di sembarang tempat atau jenis atap. Sebab, perbedaan posisi skylight juga berpengaruh pada efek pencahayaan dan panas yang masuk pada ruang. Misalkan posisi skylight mengarah ke utara, maka efek yang muncul adalah pencahayaan yang stabil dan konstan. Ruang yang ada di dalam rumah juga tetap berasa sejuk dan dingin. Jadi, posisi ini bagus dan menjadi rekomendasi. Sedangkan skylight yang menghadap ke timur akan mendapat cahaya matahari yang banyak di pagi hari. Hal ini dapat menyehatkan dan membuat ruang menjadi hangat. Namun, jika musim panas mungkin kehangatan yang di dapat akan melebihi pada hari biasa. Maka dari itu untuk posisi ini Anda bisa memasang skylight yang memiliki penutup sehingga bisa dibuka dan ditutup ketika ruangan dirasa terlalu hangat. Posisi tombol atau kait untuk membuka dan menutup juga sebaiknya berada pada tempat yang mudah dijangkau. Sebaliknya untuk skylight yang arah hadapnya ke arah barat akan mendapatkan cahaya lebih pada waktu sore karena barat merupakan tempat matahari terbenam.

8e403a7a5a0039e9c04102b742599aa3.jpg
Seiring berjalananya waktu bentuk skylighht memang semakin beragam. Di atas merupakan  skylight  yang mengadaptasi bentuk batu permata.

Arah yang terakhir merupakan Selatan, arah ini tidak begitu dianjurkan mengingat ruangan di dalam rumah akan terasa makin panas karena arah ini akan selalu mendapatkan sinar matahari yang banyak terutama saat sedang musim panas. Oleh sebab itu tidak dianjurkan untuk rumah pada daerah tropis. Namun, jika skylight sudah terlanjur terpasang menghadap arah selatan, Anda bisa mengakalinya dengan menanam tanaman yang rindang serta lebat daunya sehingga sinar matahari tidak bisa langsung menembus ke dalam ruang.

a180e84059f21003f4088b6bcb5cb7cf.jpg
Skylight berbentuk lingkaran, membuat seakan matahari berada tepat di atap kita.

Selain arah, ukuran dari skylight juga sebaiknya dipertimbangkan. Contohnya, untuk ruangan yang sudah mendapatkan banyak cahaya seperti jendela dengan jumlah dan ukuran cukup maka pemasangan skylight maksimal adalah lima persen dari ukuran keseluruhan ruang namun bila jumlah dan ukuran jendelanya masih kurang, luas semua skylight yang dipasang di atap bisa dibesarkan menjadi lima belas persen.

9fff4284784e50d8ddeb2b7003baa1ff.jpg
Skylight dengan bentuk oval, Anda juga bisa menciptakan bentuk-bentuk lain sesuai imajinasi Anda.

Anda bisa menggunakan kaca, fiber, plastik dan bisa diasati dengan material yang lain selama sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah. Jika menggunakan kaca, maka pilihlah kaca yang tahan terhadap pergantian suhu dan tidak mudah pecah seperti temperred glass. 

0606b3433d1708bda8c5f2aedbfbb8cf.jpg
Skylight berbentuk batu permata yang bertujuan untuk menerangi ruangan bawah tanah.

Material yang cocok untuk digunakan sebagai skylight merupakan kaca, plastik fiber,  atau bahan lain yang bisa Anda cari di toko-toko material untuk konstruksi skylight lebih tepat, kuncinya adalah sinar matahari tetap bisa masuk ke dalam rumah. Jika menggunakan kaca, maka pilihlah kaca yang tahan terhadap pergantian suhu dan tidak mudah pecah seperti temperred glass. temperred glass juga tidak mudah pecah dan jika pecah serpihanya berupa serpihan kecil sehingga aman digunakan.

540c3af06ef1634bff11cd9f5c9ffa62.jpg
Skylight berbentuk persegi panjang. Anda bisa memasang beberapa skylight berdampingan dengan ukuran yang sama.

Kemudian untuk bentuknya, pada umumnya skylight berbentuk persegi panjang. Tapi ada pula skylight yang berbentuk segitiga, oval, seperti permata, lingkaran dan menyerupai tabung. Selain itu apa pula yang menyerupai piramida, lalu ada yang melengkung atau seperti kubah. Bentuk yang terakhir ini lebih mudah pemasangannya dan jika ada kotoran mudah dibersihkan. Untuk skylight yang berbentuk tabung dan sebagainya, keunggulannya adalah mampu mengurangi efek sinar matahari yang terlalu panas terutama di siang hari. Ukurannya juga lebih kecil dibanding dengan bentuk skylight yang lain. Bukan itu saja, skylight tabung ini juga lebih gampang diaplikasikan pada berbagai macam desain dan gaya bangunan rumah.

2cce03777366485a722c41f1a5ef8ddc.jpg
Skylight berbentuk kerucut. Pemandangan langin akan terlihat sangat jelas Indah sekali bukan?

Setelah selesai dengan memilih posisi dan juga materialnya, langkah selanjutnya agar skylight terpasang dengan rapi, indah, dan aman adalah memastikan langkah demi langkah dilakukan sesuai prosedur. Perhatikan ukuran lubang atap, bingkai, dan kaca (jika Anda menggunakan kaca) secara cermat agar ukuranya tepat dan cocok satu sama lain agar kedepanya tidak terjadi masalah. Untuk menghindari pergeseran dan ketidaktepatan ukuran, berikan sealant pada setiap tepi luar. Selain itu, Anda bisa menambahkan tab pada beberapa kubah dan jendela agar tidak terjadi bocor.

b2261e68121a6a34398d1372d2724053.jpg
Skylight yang bisa dibuka dan ditutup ini bisa Anda gunakan sebagai balkon juga. Hiruplah udara pagi dari atas sana dan rasakan kesegaran udara yang masih sejuk.

Sumber: imagebali.net, https://www.homify.co.id

Sumber gambar: pinterest.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s