Pengharum Alami untuk Relaksasi

Ruangan tidak akan lengkap tanpa adanya pengharum. Selain membuat udara menjadi lebih segar, wewangian juga dapat merelaksasikan pikiran dan menambah rasa nyaman. Namun, tidakkah terpikir oleh Anda untuk membuat pengharum ruangan Anda sendiri? Pengharum yang Anda buat sendiri dan terbuat dari bahan alami tentu akan lebih menyehatkan dan lebih ramah lingkungan. Terlebih jika Anda mempunyai anak kecil di rumah, tentunya penggunaan pengharum alami akan lebih aman bagi buah hati Anda. Anda tidak perlu khawatir untuk meletakkanya di kamar anak. Berikut ini beberapa ide untuk membuat pengharum ramah lingkungan Anda sendiri:

1. Aroma relaksasi kopi (Coffee scented candle)

f365496496657cf5e40b4cd38d4ec454.jpg

Bagi Anda pecinta kopi, Anda dapat menghadirkan wangi kopi di ruangan Anda sepanjang waktu tanpa harus menyeduh kopi terus-menerus. Beberapa alat yang Anda butuhkan adalah biji kopi, lilin, dan tempat untuk meletakkan kopi. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu meletakkan lilin di Antara kopi. Panas lilin yang mengenai kopi akan membuat kopi secara otomatis mengeluarkan aromanya. Agar biji kopi tidak rusak, gunakan lilin yang ada pelapisnya atau bisa Anda beri lapisan sendiri menggunakan alumunium foil. Letakkan pengharum tersebut pada side table di kamar Anda, tunggu hingga aromanya menyebar di seluruh ruangan dan  nikmatilah. Wangi kopi yang merelaksasi dapat meningkatkan kualitas  tidur Anda.

2. Aroma manis cinnamon (Cinnamon-scented candle)

c064a534ecd2b4167ca1299a09348024.jpg

Selain kopi, bahan yang akan mengeluarkan aroma sedap jika dipanaskan adalah kayu manis atau cinnamon. Aromanya yang halus dan manis tentu sangat bermanfaat untuk ruangan Anda. Setelah beraktifitas seharian, gunakanlah pengharum alami ruangan dari kayu manis ini di kamar mandi. Setelah beraktifitas seharian, mandi air hangat ditemani dengan  aroma yang merelaksasikan pikiran tentu akan mengurangi rasa lelah Anda. Caranya adalah dengan menyiapkan lilin ukuran besar, kayu manis, dan tali. Tempelkan atau aturlah kayu manis melingkari lilin. Agar kayu manis tidak lepas, talilah kayu manis tersebut pada lilin, untuk hasil yang lebih indah gunakanlah tali yang cantik. Pada gambar di atas menggunakan tali tambang kecil, karena disesuaikan dengan tema rustic. Setelah selesai, letakkan lilin pada wadah yang tahan panas dan nyalakanlah. Aroma kayu manis yang unik akan menyebar dan memenuhi ruangan Anda.

3. Aroma citrus yang segar (Fruit rind air freshner)

8ec51756f2c954ffe82e531b225ea58a.jpg

Tanpa lilin, Anda tetap dapat menghadirkan wewangian alami di ruangan Anda. Siapkanlah jeruk dan lemon (Anda juga bisa menggunakan buah lain), garam laut, dan rempah segar (kemangi, daun mint atau cengkih). Mulailah dengan membelah jeruk menjadi 2 bagian secara horisontal. Keluarkan isi jeruk dan makanlah, isilah kulit jeruk yang kosong tadi dengan garam laut. Garam laut dapat menghilangkan bau tidak sedap dan dapat mengeluarkan aroma dari kulit jeruk tersebut. Jangan lupa untuk memasukkan rempah di atasnya, aturlah agar terlihat indah. Selain untuk mempercantik, rempah juga mempunyai aroma yang sedap apalagi jika dipadukan dengan aroma jeruk yang segar. Bayangkan ketika Anda bangun tidur disambut oleh segarnya aroma jeruk, pasti pagi Anda akan lebih bersemangat. Hari yang diawali dengan semangat dan positifity  tentu akan lebih menyenangkan dan semangat pagi tersebut akan terbawa hingga seharian penuh.

4. Pengharum dengan teknik Garbage disposal 

gaarbage disposal.jpg

Selain dengan dipanaskan atau diberi garam, Anda juga bisa membuat pengharum ruangan dengan cara didinginkan. Hasilnya mungkin akan seperti infused water atau mungkin es buah, tapi tidak untuk dimakan melainkan untuk mengharumkan ruangan ya! Siapkan kulit jeruk, cuka putih, dan satu loyang es batu. Caranya adalah masukkan beberapa kulit jeruk ke dalam loyang dan berikan cuka putih hingga setengah dari tinggi kulit jeruk, kemudian beri es atau dibekukan hingga beku. Setelah itu keluarkan, letakkan pada wadah yang cantik dan aroma jeruk bisa Anda rasakan.

 

Sumber gambat: pinterest.com

 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s