Tips Membersihkan Rumah Sambut Ramadhan

Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba, bulan yang ditunggu-tunggu para umat muslim. Bagi Anda yang merayakanya tentu kegiatan yang wajib dilakukan merupakan membersihkan dan merapikan seisi rumah agar ibadah di bulan Ramadhan menjadi lebih khusyuk. Kegiatan ini biasanya dilakukan secara bergotong royong dengan anggota keluarga. Selain menyenangkan, agar kegiatan menjadi lebih efektif dan efisien Anda bisa mengikuti beberapa tips  berikut ini:

1. Atur Rencana

Aturlah waktu di hari libur Anda yang tidak terlalu mepet dengan hari pertama Ramadhan. Lakukan secara bertahap agar tidak terlalu menguras tenaga dan membuat Anda kewalahan. Luas rumah, seberapa banyak yang Anda bersihkan, dan seberapa keras usaha yang  harus Anda lakukan  tentu harus Anda perkirakan. Usaha yang diperlukan untuk membersihkan satu ruangan dengan ruang lain tentu berbeda tergantung pada tingkat kebersihanya. Bagikan tugas pada masing-masing anggota keluarga yang berpartisipasi. Agar selesai tepat waktu dan lebih terarah maka berikan batasan waktu untuk masing-masing tugas.

2. Tentukan Prioritas

Bagikan kegiatan Anda menjadi beberapa kategori berdasarkan prioritasnya: prioritas utama, sampingan, dan tambahan. Pembagian ini bertujuan untuk Anda yang mungkin tidak dapat mengerjakan semuanya sekaligus selesai.  Misalnya tempat ibadah, ruang tamu, dan dapur Anda jadikan sebagai prioritas utama dengan pertimbangan ruangan yang paling sering digunakan ketika Ramadhan. Tentukanlah prioritas Anda berdasarkan kebutuhan Anda ketika Ramadhan dan lakukan secara bertahap berdasarkan hal tersebut hingga mencapai tujuan Anda.

3. Siapkan Daftar Kerjaakan

Pertama, siapkanlah daftar kerja yang akan Anda lakukan. List semua yang akan Anda bersihkan dan rapikan pada setiap ruang agar kegiatan lebih terfokus dan selesai tepat waktu. Misalnya pada tempat ibadah Anda hanya berfokus untuk mengganti mukena dan alat ibadah, menyedot karpet, mengepel, mengganti keset dan mengelap lemari. Maka, agar lebih berfokus lakukanlah sesuai daftar dan beri tanda pada tugas yang sudah dilakukan sehingga tidak akan terlewatkan satupun tugas.

4. Ketahui Waktu yang Tepat untuk memulai

Tetapkan waktu yang tepat untuk memulai, Anda bisa menyisihkan waktu luang setiap hari atau totalitas pada  akhir pekan sebelum Ramadhan. Jika Anda ingin melakukanya secara bertahap, maka sisihkanlah waktu 20-60 meit setiap harinya. Kemudian dari waktu yang Anda hitung tersebut Anda bisa mengetahui kapan Anda harus memulai membersihkan rumah agar selesai tepat waktu sebelum Ramadhan. Umumnya sepekan sebelum Ramadhan merupakan waktu yang ideal untuk memulai bersih-bersih namun kembali lagi pada keadaan rumah masing-masing.

5. Berikan Tugas pada Masing-masing Anggota Keluarga

Berdasarkan dari pengaturan kerja yang telah Anda susun, bagikan masing-masing tugas pada masing-masing anggota keluarga agar kegiatan menjadi lebih ringan. Jangan lupa untuk mengedukasi anak-anak tentang esensi dari membersihkan rumah menjelang Ramadhan.

Semoga beberapa tips di atas bermanfaat bagi Anda. Selamat membersihkan rumah dan selamat menyambut Blan Ramadhan bagi yang merayakan!

Sumber artikel: cleanipedia.com 

Sumber gambar: fakta.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s