Lampu Bohlam VS LED untuk Area Outdoor

Pencahayaan pada sebuah hunian menjadi hal penting yang mempengaruhi keindahan sebuah hunian. Hunian dengan desain interior dan eksterior yang bagus belum tentu dapat terekpose tanpa adanya pencahayaan yang bagus. Pencahayaan menjadi penentu terlihat atau tidaknya keindahan suatu rumah. Mulai dari skylight untuk pencahaan siang hari, atau lampu untuk pencahayaan pada malam hari. Pencahayaan ini juga tidak hanya berlaku untuk area indoor, area outdoor juga memerlukan pencahayaan yang tepat. Pencahayaan area outdoor ini umumnya menggunakan lampu bohlam atau LED. Bagi Anda yang masih bingung akan menggunakan lampu bohlam atau LED untuk area outdoor, berikut sedikit ulasanya:

1. Lampu Bohlam 

06072018.jpg

Lampu bohlam atau lampu pijar ini adalah lampu yang berbentuk bulat mirip kuncup bunga yang memiliki pancaran sinar berwarna kuning. Lampu bohlam ini juga memiliki bermacam-macam bentuk rumah lampu. Ada yang mirip kayak topi atau payung, ada juga yang seperti rumah lentera. Ukuran lampu bohlam ini juga bermacam-macam kecil, sedang hingga besar. Bentuknya sendiri saat ini juga ada yang berbentuk bulat seperti kuncup bunga, ada yang berbentuk seperti tetesan air yang jatuh dan ada juga yang meliuk.

e507010dd5267c62a1373f68fd76ab4c.jpg

Karena bentuknya yang klasik kini lampu bohlam leboh sering digunakan untuk mendekor interior, agar mudah digunakan untuk mendekor lampu bohlam ini sering diranngkai menggunakan tali atau kabel dan bemudian berubah namanya menjadi string light dan sering muncul pada tumblr atau kamar-kamar vlogger atau blogger kekinian. Penggunaan lampu jenis ini dapat menghadirkan kesan romantis dan suasana yang hangat. Pancaran cahaya kuning dari deretan bola lampu bohlam dipercaya mampu memberikan kehangatan. Taman atau balkon yang dingin pada malam hari akanterasa lebih hangat dengan cahaya kuning dari bohlam ini.

Lampu bohlam juga mempunyai beberapa kelebihan untuk digunakan mendekor rumah:

  1. Perlengkapan sangat sederhana sehingga dapat ditangani dengan sederhana pula.
  2. Pemakaian sangat luwes.
  3. Biaya awal rendah.
  4. Pengaturan intensitas cahaya dengan bantuan dimmer bisa redup sampai terang.
  5. Mudah menyala.
  6. Tidak terpengaruh oleh suhu dan kelembaban, sehingga cocok untuk dekorasi area balkon yang berada di luar ruangan.
  7. Ukuran filamen kecil, maka sumber cahaya dapat sebagai titik sehingga pengaturan distribusi cahaya mudah.

2. Lampu LED

0ce383f885fd9c6e87764da146a05752.jpg

LED dikenal sebagai kategori lampu yang memancarkan sinar putih yang terang dan bersih. Sehingga banyak yang menggunakan jenis lampu LED ini sebagai lampu ruangan kamar tidur, kamar mandi hingga ruang tamu. Namun, tidak ada slahnya jika Anda menggunakan lampu LED untuk menerangi area outdoor. Bentuknya yang beraneka ragam bisa disesuaikan degan kebutuhan area outdoor Anda. Bentuknya mulai dari memanjang, kotak, bulat, spiral atau yang lain bisa untuk memenuhi keinginan Anda. Bentuknya yang modern dan mempunyai berbagai macam rumah, lampu LED bisa digunakan pada banyak jenis arsitektur rumah.

80417a44947e7f62bd71bfb0043409d6.jpg

Lampu LED juga mempunyai beberapa kelebihan lain yang bisa Anda jadikan pertimbangan:

  1. Cahaya yang dikeluarkan lebih terang
  2. ECO friendly dan Dapat Didaur Ulang
  3. Menghemat biaya listrik. Anda bisa menghemat 80-90% biaya ketika memakai lampu LED. Dengan begitu biaya listrik yang juga bisa  diminimalisir. Lampu bohlam/pijar 40 Watt setara dengan lampu LED 10 Watt.
  4. Lampu LED tidak cepat panas
  5. Lampu LED tidak hanya tahan lama tetapi juga awet
  6. Ukuran yang lebih kecil dan praktis.
  7. Tegangan DC yang rendah pada LED. 

 

Sumber artikel: https://media.rooang.com/

Sumber gambar: pinterest.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s