Berbagai Bentuk Atap Rumah

Atap rumah memang mempunyai berbagai rupa dan bentuk dengan fungsinya masing-masing. Tidak hanya menambah nilai keindahan, bentuk atap rumah juga berpengaruh terhadap sirkulasi udara dan kenyamanan penghuninya. Berikut adalah beberapa bentuk atap yang bisa Anda gunakan untuk inspirasi merenovasi atau membangun rumah, tentunya sesuai kondisi dan budget.

1. Atap datar

1c247a6abc0e9c189a72c3669bd68bf2.jpg

Model atap yang paling sederhana adalah atap berbentuk datar atau rata. Atap datar biasanya digunakan untuk bangunan/rumah bertingkat, balkon yang bahannya bisa dibuat dari beton bertulang, untuk teras bahannya dari asbes maupun seng yang tebal. Agar air hujan yang tertampung bisa mengalir, maka atap dibuat miring ke salah satu sisi dengan kemiringan yang cukup. Modelnya bidang datar memanjang horizontal biasanya dipakai untuk atap teras. Atau bahkan digunakan untuk membuat taman di atas rumah. Atap bentuk ini paling susah perawatannya terutama dalam masalah mendeteksi kebocoran. Yang perlu diperhatikan dalam merencana atap ini adalah memperhitungkan ruang sirkulasi udara di bawahnya supaya suhu ruangan tidak terlalu panas.

2. Atap sandar

9f307fd98e01f0612c99f4b56fe7371c.jpg

 Model atap sengkuap biasa digunakan untuk bangunan-bangunan tambahan misalnya; selasar atau emperan, namun sekarang atap model ini juga dipakai untuk rumah-rumah modern.

3. Atap pelana

91bdbe8837513e2b76c792902f90420d.jpg

Bentuk atap ini cukup sederhana, karena itu banyak dipakai untuk bangun-bangunan atau rumah di masyarakat kita. Bidang atap terdiri dari dua sisi yang bertemu pada satu garis pertemuan yang disebut bubungan. Atap ini merupakan bentuk atap rumah yang dianggap paling aman karena pemeliharaannya mudah dalam hal mendeteksi apabila terjadi kebocoran. Atap pelana terdiri atas dua bidang miring yang ujung atasnya bertemu pada satu garis lurus yang biasa kita sebut bubungan. Sudut kemiringan antara 30 sampai dengan 45 derajat.

Sumber Gambar : https://id.pinterest.com/

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s