Tips Membuat Lantai Mezzanine di Hunian Anda

bcb32d95f7efaa3f4badd1bbf8aa2d5f.jpg

Mezzanine merupakan istilah arsitektur yang memiliki arti sebuah ruangan atau ruang tambahan dimana letaknya di antara lantai dan plafon atau atap. Menilik dari bahasa, mezzanine berasal dari bahasa Italia yaitu mezzano yang berarti di tengah atau di bagian tengah. Mezzanine ini juga bisa disebut sebagai balkon yang menjorok ke dalam rumah. Metode ini biasanya dipakai untuk menambahkan ruangan baru, namun terbatas oleh space yang sudah tak mungkin lagi untuk dibuat sebuah ruangan baru. Dengan konsep mezzanine maka dibangun lah sebuah ruangan baru di antara lantai dan atap, biasanya ruangan sederhana seperti tempat tidur, working spacereading room, dan masih banyak lagi.

Yang perlu diperhatikan dalam membangun mezzanine yaitu jarak antara atap dan lantai yaitu minimal 5 meter, sehingga akan leluasa dalam pembangunannya. Apalagi untuk beberapa orang yang mempunyai tinggi badan yang tinggi, maka menyesuaikan dengan tinggi penghuninya. Ruangan mezzanine ini memang sangat cocok diterapkan di daerah perkotaan atau di daerah yang memang lahan terbukanya sudah sangat sedikit, seperti beberapa apartemen dan rumah kost juga menerapkan konsep ruangan yang satu ini. Konsep seperti ini juga bisa menjadi ide untuk Anda dalam membangun sebuah kost-kostan, dormitory dan rumah idaman yang mungil, sehingga Anda tidak lagi membutuhkan tanah yang luas untuk mendapatkan ruangan-ruangan idaman Anda.

Yang perlu diperhatikan juga dalam membangun ruangan mezzanine yaitu pencahayaan yang baik, furniture yang menyesuaikan dengan konsep dan tidak terlalu berat, jenis tangga yang dipakai harus didesain agar nyaman dan tentunya tak memakan banyak tempat, serta material yang dipakai haruslah kuat dan tak hanya mementingkan estetika saja. Biasanya material memakai kayu, beton ringan, baja ringan atau kaca. Perhatikan pula ketinggian mezzanine yang akan diaplikasikan dimana standarnya 2,7 – 3 meter.

Sejatinya mezzanine memang menciptakan dua buah ruangan atau lebih dalam satu atap. Namun, jika kedua ruangan tak dapat dijadikan satu, mengakibatkan bangunan yang sudah terlanjur dibuat akan menambah biaya yang tak sedikit jika ingin meninggikannya. Anda siasati saja dengan menjadikan storage atau ruangan penyimpanan yang serbaguna dan tentunya akan menambah luas ruangan Anda. Berikut ini beberapa ide mezzanine yang bisa Anda gunakan dalam membuat ruangan idaman Anda.

1. Jadikan Semuanya dalam Satu Ruangan walaupun Terlihat Sempit

Ruangan yang terbatas memaksa Anda untuk mengurangi ruangan-ruangan yang sesungguhnya Anda inginkan dan Anda butuhkan. Jangan berkecil hati, semuanya bisa disiasati dengan konsep ruangan mezzanine ini. Jika dalam sebuah ruangan yang kecil bisa Anda maksimalkan dengan memasukkan beberapa ruangan yang Anda butuhkan, kenapa tidak? Seperti dapur yang sederhana untuk menyalurkan bakat koki Anda, working space yang akan menemani mengerjakan segala tugas dan kerjaan Anda, sebuah ruang penyimpanan untuk menyimpan pakaian Anda, atau rak untuk menaruh koleksi buku-buku dan novel kesukaan Anda. Anda juga bisa menaruh tempat tidurmu di atas beserta sebuah TV untuk menemanimu bermalas-malasan hingga terlelap tidur.

2. Sembunyikan Tempat  Tidur untuk Menjaga Privacy

Rumah idaman yang Anda inginkan ternyata harus kandas dikarenakan luas tanah yang tak memadahi untuk semua ruangan kesukaan Anda. Anda tak perlu khawatir untuk menyiasatinya. Andabisa menyembunyikan tempat tidur Anda, selain untuk menjaga privacy Anda juga menghemat space jika rumah Anda terlalu sempit dan sudah dipenuhi banyak perabotan. Biarkan ruang keluarga atau ruang rekreasi, dapur, ruang tamu, dan sebagainya di lantai bawah. Sembunyikan tempat tidur Anda di atas. Buatlah ruang tidur di antara lantai dan atap, jika Anda tak mau terlihat untuk alasan privacy. Anda bisa buat seolah tak ada ruangan di atas sana dengan menggunakan tangga geser sebagai penghubung, sehingga orang-orang akan mengira itu sebuah loteng tempat penyimpanan barang.

3. Buatlah Mezzanine dengan Dekorasi Kesukaan Anda dengan Space Tambahan di Kamar Kecil Anda

Mungkin saat pertama kali Andamembangun rumah dan merancang kamar tidur Anda Anda sudah yakin itu adalah kamar idaman Anda dan sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Seiring berjalannya waktu, barang-barang yang Anda punya bertambah mulai dari baju, tas dan beberapa barang  yang Anda anggap lucu hasil Anda beli di toko tanpa tahu mau ditaruh dimana. Anda bisa menyiasatinya dengan membuat space tambahan Anda sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya Anda dapat membuat mezzanine yang bisa Anda jadikan sebagai walking closet Anda atau tempat untuk menyimpan koleksi buku dan pernak-pernik Anda. Hal itu akan lebih menghemat tempat daripada Anda membeli lemari baru yang tentunya akan memakan biaya.

4. Buatlah Mezzanine Library Anda Sendiri untuk Tempat Koleksi Buku, Novel, dan Segala Macam Bacaan

Berbagai koleksi bacaan mulai dari majalah, novel dan lainnya sudah mulai banyak dan bingung untuk menaruhnya. Kalau Anda membeli lemari baru hanya akan membuat kamar atau ruangan Anda menjadi semakin sempit. Nah, agar semua koleksi bacaanmu bisa tertampung, Anda bisa membuat perpustakaan mezzanine Anda sendiri. Taruh dan aturlah buku bacaan Anda  sedemikian rupa. Selain tidak akan membuat ruangan Anda menjadi sempit, dengan adanya mezzanine yang Anda jadikan sebagai perpustakaan akan menambah kesan rapi dalam ruangan Anda.

5. Tambahkan Nuansa Hijau di Dalam Kantor untuk Menghindari Kebosanan

Sebuah kantor atau ruang kerja diibaratkan sebagai sebuah tempat yang membosankan, penuh dengan ketegangan, stres, dan tekanan dikarenakan rutinitas dari Senin hingga penghujung Minggu. Memberikan nuansa dan menghadirkan konsep yang baru tentu tak ada salahnya. Sudah banyak perusahaan yang mendesain kantornya dengan interior yang unik, beda dan tak membosankan. Seperti contoh perusahaan raksasa Google mendesain kantornya dengan berbagai konsep yang menarik, seperti terdapat ruang bermain, menonton, dan bermain game. Kali ini buatlah mezzanine berupa sebuah taman kecil di dalam kantor atau tempat kerja. Ciptakan nuansa hijau yang sejuk dan tentunya bisa menghilangkan stres juga lho!

6. Buatlah Mezzanine untuk Café  yang Berlahan Sempit agar Terlihat Lebih Luas

Buat Anda pengusaha muda yang hendak membuka sebuah café atau tempat untuk menjual makanan dan minuman, jangan khawatir jika Anda hanya memiliki lahan yang sempit atau kecil. Siasati dengan membuat space untuk mezzanine yang bisa Anda manfaatkan sebagai ruang tambahan untuk pengunjung. Anda juga bisa membuatnya untuk ruang penyimpanan atau kantor yang bisa Anda sesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Lahan yang kecil memang akan memunculkan kesan yang sempit dan tidak luas walau Anda sudah menyiasatinya dengan menggunakan material kaca agar terlihat lebih luas dan meminimalkanfurniture yang ada. Dengan konsep mezzanine ini akan terlihat lebih luas dan tentunya akan menambah kapasitas pengunjung di café milik Anda.

7. Ciptakan Ruang Kerja atau Belajar Sendiri agar Semangat dalam Mengerjakannya

Rasanya memang beda saat Anda mengerjakan tugas, mengetik ataupun untuk urusan kantor jika Anda melakukannya di kasur sambil selonjoran dan nyemil dibandingkan Anda duduk di ruangan tersendiri. Lama-lama memang akan sama-sama lelah, namun rasa malas akan langsung muncul jika Anda berada di kasur. Rasa kantuk pun akan segera menyerang.

Oleh karena itu, Anda bisa mencoba untuk menciptakan mezzanine berupa work space yang Anda fungsikan untuk bekerja dan mengerjakan semua tugas kuliah, kantor, atau sekedar berselancar di dunia maya. Ini akan sangat bermanfaat untuk kamarmu yang kecil dan tidak mampu lagi menambah furniture untuk ruang kerjamu jika Anda tidak menciptakan ruangan dengan konsep mezzanine ini. Untuk saat ini mezzanine memang sedang diminati oleh beberapa orang, apalagi yang tinggal di sebuah kota urban dengan kepadatan penduduk yang banyak dan lahan pemukiman yang semakin sedikit. Konsep mezzanine ini juga sudah banyak diterapkan untuk apartemen-apartemen modern atau bahkan kost-kostan.

Selain memang sangat berguna untuk lahan yang sempit, mezzanine juga tidak terlalu mahal jika dibandingkan harus menambah satu lantai ke atas untuk ruangan tambahan. Hal terpenting dalam membuat mezzanine yaitu perhatikan fungsi dan kegunaan dari mezzanine yang hendak dibuat.

Sumber Gambar : https://id.pinterest.com/

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s