Tips Merawat AC

Pendingin ruangan atau yang biasa disebut AC memang sudah menjadi kebutuhan  pokok bagi masyarakat indonesia. Suhu udara Indonesia yang cukup hangat dan lembab sepanjang tahun seperti memberikan tanda untuk segera menginstalasi AC. Kehadiran AC sungguh membantu sekali mengusir rasa panas atau gerah yang melekat. Walaupun kipas angin juga membantu mengurangi panas akan tetapi kipas angin tidak mempunyai fitur pendinginan seperti yang dimiliki oleh AC. Banyak orang yang membutuhkannya, sangat tidak nyaman bila rumah dengan hawa yang panas tanpa AC. Meskipun ada juga efek yang kurang baik.

AC seperti pahlawan pendingin udara, akan tetapi jika terus dinyalakan sepanjang hari akan membuat AC mudah rusak. Tentunya setiap orang ingin AC-nya awet bisa bertahan lama, apalagi disaat cuacanya yang panas ini. Agar memperpanjang umur AC atau menjaganya agar lebih awet tentunya membutuhkan tips seperti berikut.

srk92zmas2.jpg

  1. Usahakan ruangan tertutup rapat ketika akan menyalakan AC. Agar AC tidak bekerja terlalu keras untuk mendinginkan ruangan dan ruangan terasa sejuk.
  2. Apabila akan bepergian ada baiknya matikan AC. Selain Sobat menghemat energi, kalian juga menghemat uang pengeluaran.
  3. Gunakan fitur timer ketika menyalakan AC sesuai dengan kebutuhan. AC sebaiknya dinyalakan paling lama 5 jam dan setelah itu istirahat mendinginkan mesin. Maka dari itu, selama menggunakan AC gunakanlah fitur timer agar mesin AC bisa terjaga dengan baik.
  4. Sebaiknya jangan terlalu sering mengatur suhu AC menjadi dibawah 22 derajat celcius. Terlalu sering mengatur suhu AC dibawah 22 derajat celcius akan membuat mesin AC cepat panas. Selain itu juga, suhu 22 derajat merupakan suhu ruangan yang pas bagi iklim Indonesia.
  5. Lakukan pembersihan secara rutin untuk bagian dalam AC.  Pembersihan rutin ini bisa dilakukan 1 bulan sekali jika udara tidak terlalu keruh. Sebaliknya jika keruh bisa dilakukan pembersihan 2 kali dalam sebulan.
  6. Sebaiknya cek freon dalam AC. Jika freon mengalami bocor atau pengurangan maka AC akan menjadi kurang dingin. Sebaiknya setiap 6 bulan adakan pengecekan freon pada AC oleh teknisi AC. Tak hanya bagian dalam AC saja, blower yang terletak di luar gedung sebaiknya dibersihkan secara rutin agar sirkulasi udara semakin segar.

 

Sumber Artikel   : https://media.rooang.com/

Sumber Gambar : https://id.pinterest.com/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s