Kloset Duduk atau Kloset Jongkok?

Kloset duduk dan kloset jongkok sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Terkadang dalam pembangunan rumah kita sering memiliki pertimbangan kloset manakah yang lebih sehat digunakan? Kalianpun sering mendapat pertanyaan ini dari orang lain. Pertanyaan soal keunggulan antara kloset duduk atau kloset jongkok, memang banyak diperdebatkan di kalangan pemilik rumah. Karena menurut jurnal penilitian Digestive Diseases and Sciences, menyebutkan bahwa jongkok atau duduk saat di kloset bisa memengaruhi kelancaran saat buang air besar (BAB). Ketika kita sedang berdiri, usus besar tempat feses disimpan ditekan ke atas oleh otot puborectalis yang menjaga agar feses tidak mengalir keluar sampai saatnya dibuang. Namun, ketika menggunakan kloset duduk, otot yang tidak berkontraksi atau tidak menekan hanya sebagian.

4fe2270c65fdbbac56f1ce587e6a44d4.jpg

Dari segi kehigienisan, kloset jongkok dinilai lebih unggul ketimbang kloset duduk sebab, tidak terjadi kontak langsung antara tubuh dengan kloset itu sendiri. Sehingga bisa meminimalisir kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh, ketika sedang melakukan aktivitas buang air besar (BAB).

c422013873c2c0730ff19baffad35748.jpg

Beberapa dokter ternyata merekomendasikan pasien mereka untuk jongkok ketika buang air besar, ketimbang menggunakan kloset duduk. Hal ini dimaksudkan untuk mengatasi masalah usus yang seringkali dialami. Banyak ahli berpendapat bahwa penyakit pencernaan berawal dari duduk dan mengejan di kloset duduk.

Menggunakan kloset jongkok di kamar mandi juga dapat melatih kekuatan kaki dan otot kaki dengan menahan berat badan dan melatih otot dasar panggul. Sehingga jauh lebih baik sesungguhnya untuk kesehatan. Namun, untuk beberapa hal misalnya bagi para lansia dan juga wanita hamil, memang lebih dianjurkan untuk menggunakan kloset duduk.

 

Sumber Artikel   : https://media.rooang.com/

Sumber Gambar : https://id.pinterest.com/

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s