Rumah Bergaya Jepang

Rumah bergaya Jepang, memiliki karakteristik khas yang menunjukkan ciri khas tradisi dan budaya Jepang yang kental. Bahkan dengan meniru karakteristik desain rumah bergaya Jepang juga diterapkan pada rumah-rumah di luar Jepang. Desain rumah dengan gaya Jepang tak jarang dijadikan referensi untuk desain rumah lainnya. Jika kalian ingin meniru karakteristik desain rumah bergaya Jepang untuk hunian pribadi, ini dia beberapa poin yang harus diingat.

Minimalis Dan Praktis

2ec1b0f14fb1e0c9533f6c27042ea9e9.jpg

Desain rumah bergaya Jepang, menonjolkan desain rumah yang minimalis, sederhana dan praktis sehingga tidak menggunakan desain atau furnitur yang berlebihan. Penggunaan desain dan furnitur rumah pun biasanya tak terlalu banyak dengan mengedepankan fungsi. Hal tersebut membuat desain rumah bergaya Jepang tampak luas dan lapang. Faktor lain yang membuat rumah bergaya Jepang tampak luas adalah biasanya karena rumah tradisional Jepang banyak menggunakan konsep lesehan dengan alas duduk yang tebal. Namun pada desain rumah modern, konsep tersebut tak jarang diganti dengan menggunakan sofa atau furniture berkaki pendek untuk membuat rumah tetap terasa lapang.

Memiliki Genkan

4a07245eb66fcf88d816d8a5c58abd1a.jpg

Genkan merupakan koridor rumah atau lorong sebelum masuk ke dalam rumah dari pintu masuk. Pada konsep rumah Jepang, semua orang yang akan masuk ke dalam rumah harus melepas sepatu atau sandal yang digunakan di luar rumah dan menggantinya dengan sandal rumah. Hal ini untuk menjaga kebersihan rumah. Oleh sebab itu pada area koridor rumah atau genkan, disediakan rak khusus sepatu.

Menggunakan Pintu Geser

1e195f371595078540ae5819022e06f2.jpg

Meniru karakteristik desain rumah bergaya Jepang yang juga tak boleh dilupakan adalah model pintunya. Pada rumah bergaya Jepang, kebanyakan rumahnya menggunakan konsep pintu geser dibanding pintu dorong. Penggunaan pintu geser sendiri memiliki beberapa keuntungan, salah satunya adalah membuat ruangan tampak lebih luas dan dinamis.

Menonjolkan Nuansa Kayu

3e3bcb8010fc7c65874b562895142689 (1).jpg

Konsep rumah bergaya Jepang mengandung unsur tradisional dan dekat dengan alam. Oleh karena itu, kebanyakan rumah Jepang memiliki karakteristik menggunakan unsur kayu pada desain interior maupun desain eksteriornya. Selain tampak menawan dan indah, desain rumah dengan menggunakan unsur kayu juga terkesan hangat dan nyaman.

Ruangan Tanpa Sekat

5f69d168acf5ce881a7869db97d86a61 (1).jpg

Fleksibel, juga merupakan salah satu karakteristik rumah bergaya Jepang. Oleh karena itu pada desain rumah Jepang selain pada ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi atau ruang lainnya yang sifatnya privat, jarang menggunakan sekat antar ruangan satu dengan ruangan lainnya. Konsep rumah tanpa banyak sekat ini juga membuat rumah tampak luas dan dekat dengan masing-masing ruang.

 

Sumber Artikel   : http://media.rooang.com/

Sumber Gambar : https://id.pinterest.com/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s