Perbedaan Ruang Keluarga dan Ruang Tamu

21412259d80028514011783e9e797dc6.jpg

Berbicara soal konsep dekorasi ruang keluarga, tentu tidak bisa dilepaskan dari makna sebuah ruang keluarga itu sendiri. Apalagi banyak banget belakangan ini, yang mendesain konsep ruang tamu sebagai ruang keluarga. Ukuran rumah yang terbatas menjadi alasan utama, mengapa ruang keluarga dan ruang tamu didesain melebur menjadi satu. Padahal ada beberapa perbedaan mendasar antara ruang keluarga dan ruang tamu, yang membuatnya harus terpisah. Lalu apa saja, bedanya ruang keluarga dan ruang tamu tersebut?

Letak posisi keberadaan antara ruang keluarga dan ruang tamu jadi alasan pertama perbedaan

Untuk menjawab rasa penasaran soal bedanya ruang keluarga dan ruang tamu, coba perhatikan kembali dengan detail di mana posisi keberadaan ruang keluarga dan ruang tamu.

bedanya-ruang-keluarga-dan-ruang-tamu-2.jpg

Perbedaan mencolok antara ruang keluarga dan ruang tamu terlihat dari posisi letaknya. Pada prinsipnya letak ruang tamu pasti berada di area depan hunian, karena untuk memudahkan pemilik rumah menyambut tamu.

Sedangkan posisi letak ruang keluarga biasanya ada di area tengah hunian, sehingga sering banget ruang keluarga disebut sebagai ‘jantung’ sebuah hunian. Karena di sanalah para anggota keluarga berkumpul dan bercengkerama untuk saling mengakrabkan diri, sehingga tidak sembarang orang bisa masuk dan berada di sana.

Bedanya ruang keluarga dan ruang tamu bisa juga dilihat dari segi desainnya

Soal masalah desain juga adalah salah satu alasan, mengapa sebaiknya antara ruang keluarga dan ruang tamu itu dipisah.

bedanya-ruang-keluarga-dan-ruang-tamu-3.jpg

Bedanya ruang keluarga dan ruang tamu jika dilihat dari segi desain, bisa identifikasi dari pemilihan sofa yang lebih nyaman dan empuk, model meja yang lebih besar hingga pemilihan bahan karpet yang lebih tebal. Karena menjadi ‘jantung’ sebuah hunian, makanya desain ruang keluarga selalu dibuat khusus dan spesifik.

Sedangkan untuk ruang tamu, biasanya pemilihan meja dan kursi berukuran lebih kecil. Dan disesuaikan dengan besaran luas ruang tamu yang tidak terlalu besar.

Persoalan fungsi jadi alasan mendasar perbedaan ruang keluarga dan ruang tamu

Fungsi yang berbeda jelas menjadi dasar perbedaan antara ruang keluarga dan ruang tamu pada sebuah hunian.

bedanya-ruang-keluarga-dan-ruang-tamu-5.jpg

Dilihat dari namanya, ruang tamu dan ruang keluarga tentu memiliki fungsi yang sangat berbeda. Di mana ruang keluarga berfungsi sebagai tempat untuk menjamu tamu, sedangkan ruang keluarga lebih berfungsi sebagai tempat untuk berkumpulnya anggota keluarga. Sehingga tak heran jika ruang keluarga sifatnya lebih privasi dan untuk orang-orang terdekat saja.

 

 

Sumber Artikel   : https://media.rooang.com/

Sumber Gambar : https://id.pinterest.com/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s