Pencahayaan yang Ideal di Ruang Tamu

822dd2cc761e2d81b4485a806be20954.jpg

Berada di area rumah bagian depan, ruang tamu biasa digunakan untuk menjamu tamu yang datang berkunjung. Maka tak heran jika ruang tamu pun dirancang sebaik mungkin agar tampak cantik dan nyaman untuk ditempati berlama-lama. Membicarakan tentang keindahan dan kenyamanan ruang tamu, salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah faktor pencahayaan. Kira-kira bagaimana sih membuat pencahayaan yang ideal untuk ruang tamu itu?

Atur Konsep Sesuai dengan Tema

a782d192abf4f7e2d2def6d886e0eefd.jpg

Tema ruangan pasti akan mempengaruhi seperti apa pencahayaan yang ideal untuk ruang tamu. Misalnya jika tema ruang tamu menerapkan konsep modern, biasanya lampu dengan sorot putih bisa dijadikan pilihan. Dengan pilihan lampu berwarna putih yang sesuai sama tema ruang tamu modern, pastinya desain ruang tamu pun akan tampak lebih cantik dan menawan.

Perhatikan Area di Sekitar Ruang Tamu

3388a6e33cac92f4148f1a7b2b16ca0e.jpg

Untuk membuat pencahayaan yang ideal di dalam ruang tamu, ternyata juga wajib lho untuk memeperhatikan seperti apa area-area di sekitar ruang tamu. Soalnya kan, pencahayaan dalam ruangan itu bisa berasal dari berbagai sumber. Misalnya dari cahaya sinar matahari alami yang masuk ke dalam ruangan melalui jendela, pintu atau ventilasi rumah, atau cahaya yang berasal dari pengaplikasian lampu. Sehingga penting banget untuk memperhatikan hal ini, sebelum memilih jenis lampu apa yang ingin diaplikasikan dalam ruang tamu hunian.

Pilihlah Jenis Lampu Sesuai Kebutuhan Keluarga

043bc5d6a90469a83002adc113cb0497.jpg

Terkadang tidak semua rumah itu menggunakan ruang tamu sebagaimana mestinya, maksudnya adalah di dalam setiap rumah itu biasanya fungsi ruang tamu tidak hanya digunakan sebagai area penerimaan tamu saja, melainkan banyak banget yang juga menggunakan ruang tamu sebagai area untuk belajar, me time, atau bahkan jadi spot favorit menonton film favorit. Sehingga dengan kebutuhan yang bermacam-macam itu, pastinya wajib mempertimbangkan jenis lampu apa yang ideal untuk menerangi ruang tamu di rumah kalian.

Jangan Lupakan Ukuran dan Luasan Ruang Tamu

6b9180f0aea8848bc7a73b91ba8f16fe.jpg

Ketika ingin mendesain titik pencahayaan yang ideal di ruang tamu, sudah pasti harus mempertimbangkan soal ukuran dan luasan ruang tamu. Bedakan memilih jenis lampu untuk pencahayaan ruang tamu yang kecil dan untuk ruang tamu yang besar. Mengingat ruangan yang ukurannya besar atau luas tentu akan membutuhkan jumlah cahaya yang berbeda dengan ruangan yang ukurannya sempit. Sehingga sudah pasti, luas ruangan akan mempengaruhi jumlah cahaya yang dibutuhkan.

 

 

Sumber Artikel   : https://media.rooang.com/

Sumber Gambar : https://id.pinterest.com/

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s