Fungsi Teras Pada Hunian

9fad66e90a52e6659e966622959902e1.jpg

di rumah anda terdapat teras? Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan teras? Dan apa fungsi teras pada hunian sesungguhnya? Cari tahu semua jawabannya di penjelasan berikut ini!

Makna Teras Sebuah Hunian

3d5a9bdc0a9e78a4cb813ef79f05f0b1.jpg

Teras adalah sebuah area yang merupakan sebuah area peralihan dari area luar rumah menuju dalam rumah atau sebaliknya. Dan keberadaannya yang ‘dianggap’ cuma sebagai ruang peralihan saja, membuat area teras pada hunian tidak didesain secara detail. Sehingga kadang-kadang malah bisa merusak penataan sebuah hunian secara keseluruhan.

Fungsi Teras Hunian

eb98c9edaf8e9c4cccccbc0ccf4d9b2f.jpg

Dilihat dari segi maknanya, teras itu berarti ruang peralihan. Sehingga tentu saja, fungsi teras pada hunian itu sebagai suatu area yang bertujuan untuk membuat para tamu atau anggota keluarga yang baru datang dari tempat aktivitasnya, untuk bisa mempersiapkan jiwa raga yang letih menjadi lebih rileks ketika akan masuk ke dalam rumah. Tak jarang juga, fungsi teras pada hunian digunakan oleh para pemilik rumah untuk bersantai-santai sejenak untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas. Sehingga wajib untuk mendesain teras hunian dengan nyaman. Apalagi sangat mudah untuk mendesain area teras hunian yang nyaman dan menarik. Tinggal pilih jenis atau model kursi yang nyaman, kemudian sediakan juga meja dan bantal sebagai pelengkap. Dan tak lupa siapkan juga tanaman hijau atau pot bunga, sebagai aksen dekoratif yang bertujuan untuk mempermanis area teras pada hunian.

Fungsi Teras Berdasarkan Posisi

f1179ea16d6f56cb9b506bad047d01ff.jpg

Kemudian setelah tahu, apa sebenarnya fungsi teras pada hunian, kali ini akan dijelaskan soal di mana saja sih letak posisi teras dalam sebuah hunian itu. Karena ternyata teras pada hunian itu, bisa diletakkan di berbagai macam sudut rumah. Bisa diletakkan di bagian depan rumah atau bisa juga diletakkan di samping, dan bagian belakang dari sebuah hunian. Biasanya teras depan berfungsi sebagai ruang penerima tamu atau area tunggu sebelum tamu dipersilakan masuk. Lalu teras samping bisa menjadi tempat untuk bersantai. Sedangkan teras belakang, karena posisinya yang lebih tertutup, bisa menjadi ruang makan, tempat melakukan aktivitas hobi dan kumpul keluarga. Selain itu keberadaan teras pada hunian juga berfungsi sebagai jalur sirkulasi udara dan jalur memasukkan cahaya alami ke dalam hunian.

 

 

Sumber Arikel    : https://media.rooang.com/

Sumber Gambar : https://id.pinterest.com/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s